Bagaimana Cara Pelaksanaan Aqiqah Menurut Islam?

Bagaimana Cara Pelaksanaan Aqiqah Menurut Islam

Aqiqah adalah salah satu ibadah yang dianjurkan untuk dilakukan oleh orang tua terhadap anaknya. Sesuai dengan hadist nabi, bahwa anak itu tergadai, dan hendaklah dilakukan aqiqah atasnya. Maka menjadi suatu kebanggaan tersendiri bagi orang tua yang mampu melaksanakan aqiqah terhadap anaknya. Tentunya juga sebagai bentuk rasa syukur atas anugerah dari Alloh, yaitu hadirnya buah hati di antara keluarga kecil tercinta.

Lalu, sebenarnya bagaimana tata cara pelaksanaan aqiqah yang benar menurut Islam? Berikut penjelasannya.

  1. Syari’at aqiqah

Aqiqah dilaksanakan pada hari ke-7 kelahiran bayi. Saat aqiqah, disyariatkan untuk mencukur rambutnya dan disunnahkan memberi nama. Sesuai sabda nabi, “Tiap-tiap anak tergadai (tergantung) dengan ‘aqiqahnya yang disembelih untuknya pada hari ke-7, di hari itu ia dicukur rambutnya dan diberi nama”.

  1. Tentang binatang sembelihan

Sesuai yang diajarkan Rasulullah, binatang aqiqah yang diperbolehkan hanyalah kambing. Boleh kambing jantan maupun betina. Hal itu sebagaimana dengan riwayat berikut.

“Dari Ummu Kurz (Al-Ka’biyah), bahwasannya ia pernah bertanya kepada Rasulullah SAW tentang aqiqah. Maka jawab beliau SAW, “Ya, untuk anak laki-laki dua ekor kambing dan untuk anak perempuan satu ekor kambing. Tidak menyusahkanmu baik kambing itu jantan maupun betina”. (HR. Tirmidzi, juz 3, hal. 35, no. 1550, hadist shahih).

  1. Tentang acara aqiqah

Pada umumnya, aqiqah dibebankan kepada orang tua anak yang diaqiqah. Akan tetapi, Rasulullah tidak melarang pelaksanaan aqiqah yang dibebankan oleh kakeknya maupun saudara yang lain. Hal ini juga pernah dilakukan oleh Rasulullah yang menyembelih kambing untuk Hasan dan Husain (cucu Rasulullah).

Acara aqiqah yang wajib dilaksanakan yaitu sesuai dengan syariat yang telah disebutkan di atas. Sesuai sejarah yang dilakukan nabi, kepala si bayi dilumuri dengan minyak wangi setelah dicukur.

Setelah proses penyembelihan, daging kambing dibagikan kepada tetangga dan kerabat. Akan tetapi, tradisi masyarakat sekarang membagikan daging dalam kondisi masak beserta nasi box. Tentu sangat tidak efektif jika harus memasak semua sendirian bukan? Untuk itu, memanfaatkan jasa aqiqah terdekat adalah solusi yang paling efektif.

Dengan menggunakan jasa aqiqah terdekat di kota, tentu sangat membantu pelaksanaan tanpa harus kerepotan memasak banyak daging dan lauk sampingan. Selain mudah, tentu juga efektif menghemat tenaga dan waktu.

Berbagai menu sayur dan olahan daging kambing favorit masyarakat dapat disediakan lengkap dengan menggunakan jasa aqiqah terdekat di kota Anda. Sangat efektif bukan?